Pages

Tuesday 29 January 2019

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

Judul: Perpustakaan Ajaib Bibi Bokken
Judul Asli: Bibbi Bokkens Magiske Bibliotek
Pengarang: Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup
Penerjemah: Ridwana Saleh
Penerbit: Mizan
Tahun: 2006
Cetakan: 2
Tebal:  296 halaman



Dua saudara sepupu yang berusia antara 10-12 tahun, Nils dan Berit, tinggal di kota yang berbeda, Oslo dan Fjaerland. Mereka berhubungan dengan saling berkirim surat. Bukan surat biasa, tapi menggunakan sebuah buku-surat. Yaitu buku yang mereka tulis dan saling kirimkan di antara mereka.

Sejak awal topik yang mereka bicarakan adalah mengenai seorang wanita misterius yang tampaknya mengincar buku-surat itu.  Dari hasil penyelidikan mereka diketahui wanita tersebut bernama Bibbi Bokken, seorang kolektor buku dan bekerja sebagai bibliografer. Bibbi Bokken memiliki komplotan yang melibatkan sepasang suami istri yang menjadi guru sekolah Nils. Ada lagi seorang laki-laki yang mereka namai si Smile, yang memata-matai Nils dan ikut mengincar buku-surat tersebut.

Bibbi Bokken bersama komplotannya dicurigai memiliki rencana rahasia atas diri Berit dan Nils. Rencana tersebut berhubungan dengan sebuah perpustakaan ajaib dan konspirasi dalam dunia perbukuan. Berit dan Nils bertekad mengungkap misteri tersebut dan menemukan perpustakaan ajaib Bibbi Bokken.

Novel unik ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama ditulis dengan gaya surat menyurat melalui buku-surat, yang ditulis oleh Nils dan Berit. Sedangkan bagian kedua diceritakan dengan sudut pandang Nils dan Berit secara bergantian.

Novel ini ditulis oleh dua orang, yaitu Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup. Klaus Hagerup adalah penulis bacaan anak dan remaja Norwegia, karya-karyanya banyak digemari di kawasan Skandinavia dan Jerman. Sedangkan Jostein Gaarder dikenal sebagai penulis novel best seller Dunia Sophie. Novel-novel Gaarder lainnya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, seperti  Misteri Soliter, Gadis Jeruk, dan lain-lain.

No comments: