Pages

Tuesday 29 January 2019

Pembunuhan Diatas Orient Express

Judul: Pembunuhan Diatas Orient Express
Judul Asli: Murder on the Orient Express
Pengarang: Agatha Christie
Alih bahasa: Drs. H.M.  Sihombing
Penerbit: Circle, Jakarta
Tebal: 276 halaman


Terjadi pembunuhan terhadap penumpang berkewarganegaraan Amerika pada tengah malam dalam kereta yang ditumpangi Hercule Poirot, tepat di sebelah kamar yang dia pakai. Korban bernama Ratchett, yang sebelumnya pernah meminta bantuan Poirot untuk melindungi dirinya, karena merasa ada orang yang mengincar nyawanya. Dia tewas dengan mendapat dua belas luka tusukan. Dan tidak ada perlawanan.

Maka Poirot bergerak melakukan penyelidikan dan segera mendapati bahwa korban adalah penjahat kejam di masa lalu. Pembunuhan ini pun dicurigai sebagai balas dendam terhadap perbuatan jahat yang pernah dilakukan Ratchett.

Kereta api yang bergerak dari Istanbul menuju Inggris ini dipenuhi oleh penumpang dari berbagai bangsa. Kedua belas orang penumpang dalam satu gerbong ini ternyata memiliki hubungan dengan masa lalu korban sehingga memiliki motif untuk melakukan pembunuhan. Tetapi mereka memiliki alibi yang diperkuat oleh penumpang lain dan kondektur.

Pembunuhan ini dilakukan dengan rapi dan direncanakan dengan matang. Namun sayang Poirot tidak mudah dikelabui, dan bisa menebak siapa saja pelakunya.

No comments: