Pages

Friday 25 January 2019

Musuh Dalam Selimut (Lie Down WIth Lions)

Judul: Musuh dalam Selimut
Judul Asli: Lie Down With Lions
Penulis: Ken Follett
Alih Bahasa: Monica Dwi Chresnayani
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: November 2003
Tebal: 528 halaman.


Ellis Thaler adalah seorang agen CIA yang tinggal di Paris untuk memata-matai kelompok radikal dengan menyamar sebagai penyair. Setelah misinya selesai, dia bermaksud untuk jujur dan menikahi Jane, wanita asal Inggris yang tinggal bersamanya. Sayang dia terlambat. Jane sudah lebih dulu tahu tentang Ellis dari Jean Pierre, seorang dokter yang juga mencintai Jane.

Jane merasa kecewa karena dibohongi akhirnya menerima pinangan Jean Pierre dan ikut bersamanya ke pedalaman Afganistan yang menjadi dokter sukarelawan. Di Afganistan mereka tinggal di desa tempat tinggal para pemberontak dalam Perang Afganistan. Jane bahkan melahirkan anak perempuannya disana.

Tetapi Jane harus mengalami kekecewaan yang kedua kali. Suaminya, Jean Pierre, ternyata seorang mata-mata Rusia yang bertugas memberikan informasi tentang para pemberontak kepada tentara Rusia. Jane akhirya memaksa untuk pulang kePerancis, permintaan yang sulit dikabulkan Jean Pierre. Kebetulan Jane bertemu kembali dengan Ellis, yang mendapat tugas di Afganistan untuk membuat kesepakatan dengan pemimpin pemberontak. Setelah menyelesaikan tugasnya, Ellis dan Jane kemudian meninggalkan Afganistan, dengan susah payah karena dikejar oleh Jean Pierre dan tentara Rusia.

Novel ini ditulis oleh Ken Follett dan diterbitkan pada tahun 1986, dengan setting cerita pada tahun 1981-1983, pada masa perang dingin dengan latar belakang perang Afganistan. Sebagian besar cerita dalam novel ini terjadi di Afganistan, tetapi nama desa yang diceritakan adalah fiktif. Demikian pula tokoh-tokohnya adalah tokoh fiktif, kecuali Masud (Ahmad Shah Massoud).

No comments: