Pages

Saturday 2 February 2019

Sia Tiauw Eng Hiong (Pendekar Pemanah Rajawali) Jilid 9

Judul: Sia Tiauw Eng Hiong (Pendekar Pemanah Rajawali) Jilid 9
Pengarang: Chin Yung (Jin Yong)
Penerjemah: OKT
Penerbit: Gramedia
Tahun: Juli 1997
Tebal: 144 halaman



Sebelum menerbitkan kembali kisah Pendekar Pemanah Rajawali edisi revisi ketiga pada 2014, Gramedia pernah menerbitkan cerita ini pada tahun 1997 yang diterjemahkan oleh OKT. Buku ini dibagi menjadi 19 jilid dengan ketebalan sekitar 140-an halaman tiap jilidnya. Ejaan nama yang digunakan adalah ejaan Hokkian, demikian pula dengan istilah jurus-jurus silat. Hanya nama julukan yang dipakai menggunakan istilah terjemahan, seperti Racun Barat, Sesat Timur, dan lain-lain.

Cerita di buku jilid 9, Kwee Ceng tersesat di Pulau Persik dan bertemu dengan si Bocah Tua Nakal Ciu Pek Thong yang sudah 15 tahun terkurung disana. Keduanya kemudian mengangkat saudara. Ciu Pek Thong yang berhasil menciptakan ilmu silat Kepalan Tangan Kosong dan ilmu memecah diri mewariskan ilmu ciptaannya kepada Kwee Ceng. Selain itu secara diam-diam Ciu Pek Thong mengajarkan ilmu dari Kiu Im Cin Keng (Kitab Sembilan Bulan) dan menyuruh Kwee Ceng menghapal isi kitab tersebut tanpa diketahui oleh Kwee Ceng nama kitab yang dia pelajari.


Racun Barat bersama keponakannya Auwyang Kongcu datang ke Pulau Persik untuk melamar Oey Yong. Tetapi kemudian datang pula Ang Cit Kong, yang melamar Oey Yong untuk Kwee Ceng. Maka sebagai jalan keluar, Oey Yok Su mengadakan tiga macam pertandingan bagi Kwee Ceng dan Auwyang Kongcu. Pemenangnya bierhak mempersunting Oey Yong.

No comments: