Pages

Saturday 2 February 2019

Pendekar Pemanah Rajawali Jilid 1-4


Judul: Pendekar Pemanah Rajawali
Penulis: Jin Yong
Alih Bahasa: Robi Wijaya
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2014
Jilid: 4 Jilid
Tebal: @Jilid 415-an halaman


Pendekar Pemanah Rajawali ditulis oleh Jin Yong antara tahun 1957-1959 yang dimuat berseri di Harian Bisnis Hong Kong. Cerita ini cukup populer hingga sampai sekarang masih sering dibuat versi serial televisi dan film layar lebar. Bahkan ada cerita sequelnya yang ditulis oleh pengarang lain dengan menggunakan nama Jin Yong, seperti Tujuh Pendekar JiangnanPengemis Sakti Sembilan Jari, dan lain-lain.

Pendekar Pemanah Rajawali berkisah tentang kepahlawanan dan kesetiaan terhadap tanah air, selain tentu saja menceritakan tentang ilmu silat dan pertarungan para pendekar, dan juga tidak ketinggalan tentang kisah cinta. Ceritanya berpusat pada tokoh Guo Jing, dan ditambah Yang Kang, keduanya anak dari dua orang saudara angkat bernama Guo Xiaotian (Kwee Siauw Thian) dan Yang Tiexin (Yo Tiat Sim) yang muncul di awal-awal cerita. Mereka adalah orang Han pada zaman dinasti Song Selatan, tetapi Guo Jing dan Yang Kang lahir dan besar di negeri lain. 

Guo Jing lahir dan tumbuh di Mongol, yang saat itu masih sebagai negeri kecil karena terpecah dalam banyak suku. Lambat laun Mongol tumbuh menjadi negara besar dibawah pimpinan Jengis Khan. Bahkan kekuasaannya sampai ke negeri yang sangat jauh di wilayah Barat. Dalam hal ini, di cerita ini Guo Jing membuat jasa yang sangat besar bagi keberhasilan Mongol tersebut. Hingga suatu saat Guo Jing mendapat ujian ketika Jengis Khan memberi perintah untuk menaklukkan wilayah selatan, tanah air Guo Jing sendiri. Apa yang akan dilakukan Guo Jing?

Sementara itu Yang Kang tumbuh menjadi Pangeran negeri Jin (Kim), negara besar yang menjajah wilayah Song Selatan. Sejak kecil dimanja oleh ayah tirinya dan dididik dengan kemewahan. Maka bertolak belakang dengan Guo Jing,  dia tumbuh menjadi orang jahat, jadi pengkhianat bangsa karena berpihak kepada musuh, dan tidak mau menerima ayah kandungnya sendiri.  

Tetapi ceritanya tidak hanya tentang negara dan peperangan. Cerita perkelahian, jurus silat, kitab silat, para pendekar, dan lain-lain memiliki porsi yang lebih besar. Terutama kisah petualangan Guo Jing, pemuda polos dan bodoh tetapi berhasil menjadi salah satu jago silat terbesar. Guo Jing beruntung memiliki kekasih Huang Rong, gadis cerdas dan lincah, yang memiliki pengaruh yang besar terhadap dirinya, selain dari guru-gurunya.

Buku ini merupakan edisi revisi yang ketiga tahun 2003 dengan terjemahan menggunakan ejaan Mandarin dalam penyebutan nama tokoh-tokohnya. Selain itu dalam penyebutan nama julukan dan nama jurus menggunakan terjemahan bahasa Indonesia, tidak seperti lazimnya buku-buku cerita silat terjemahan yang menggunakan istilah asli. 

Sebelumnya pada tahun 1997 Gramedia pernah menerbitkan cerita ini dengan ejaan Hokkian, diterjemahkan oleh OKT (Oey Kim Tiang) dengan judul Sia Tiauw Eng Hiong (Pendekar Pemanah Rajawali) yang terdiri dari 19 jilid. Saya sendiri hanya punya satu jilid (jilid 9). 

Di edisi revisi Jin Yong melakukan sedikit perubahan cerita ini di beberapa bagian serta membuang dan menambah beberapa plot. Misalnya di edisi baru tidak diceritakan mengenai perang kodok. Jin Yong juga membuang tokoh Qin Nanqin dengan menggabungkannya dengan tokoh Mu Nianci, kekasih Yang Kang. Qin Nanqin di edisi pertama adalah anak seorang pencari ular yang diperkosa oleh Yang Kang hingga melahirkan anak bernama Yang Guo (tokoh utama di Rajawali Sakti dan Pasangan Pendekar).

Jin Yong menambah beberapa plot, seperti adegan pembuka Zhang Shiwu bercerita, Qu Lingfeng mencuri lukisan, proses Huang Shang menulis Kitab Sembilan Bulan, dan lain-lain.

No comments: