Pages

Saturday 2 February 2019

Rajawali Sakti dan Pasangan Pendekar Jilid 1-4


Judul: Rajawali Sakti dan Pasangan Pendekar
Penulis: Jin Yong
Alih Bahasa: Robi Wijaya
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2015
Jilid: 4 Jilid
Tebal: @Jilid 415-an halaman



Rajawali Sakti dan Pasangan Pendekar merupakan bagian kedua dari Trilogi Rajawali karya Jin Yong.  Kisah ini pertama kali dimuat pada 20 Mei 1959 di edisi perdana Harian Ming Pao, koran yang dikelola oleh Jin Yong, kemudian dimuat secara berseri selama tiga tahun. Saat diterbitkan kembali, oleh penulisnya telah berulang kali direvisi.  Buku ini merupakan edisi revisi yang terbit pada 2003.

Dengan latar belakang zaman akhir dari Dinasti Song Selatan, Rajawali Sakti dan Pasangan Pendekar menceritakan tentang Yang Guo/Yo Ko, keponakan angkat dari Guo Jing/Kwee Ceng (tokoh utama dalam buku Pendekar Pemanah Rajawali) sejak masa kecil sampai menjadi pendekar besar yang berjasa bagi negara; tentang bagaimana Yang Guo belajar silat, kebimbangan dalam membalas dendam atas kematian ayahnya, serta penantian yang panjang untuk bisa bertemu kembali dengan kekasihnya yang juga gurunya, Xiau Longnu/Siau Liong Li. Juga perjuangan agar jalinan cintanya dengan Xiau Longnu yang dianggap cinta terlarang bisa diterima.

Kisah cinta Yang Guo dengan Xiau Longnu menggambarkan adat istiadat saat itu yang melarang pernikahan antara guru dan murid.


No comments: