Pages

Saturday 2 February 2019

Beng Ciang Hong In Lok (Badai, Awan dan Angin)




Novel silat berjudul Beng Ciang Hong In Lok (Badai, Awan dan Angin) ini merupakan karya Liang Ie Shen, salah satu penulis cerita silat terkenal. Diterbitkan oleh penerbit Marwin sebanyak 7 jilid, dan tidak ada keterangan terbitan tahun berapa. Kebetulan yang saya punya adalah jilid terakhir.

Beng Ciang Hong In Lok berlatar belakang zaman Dinasti Song. Setting waktunya kurang lebih sama dengan kisah Kwee Ceng di Pendekar Pemanah Rajawali karya Chin Yung. Beng Ciang Hong In Lok mengisahkan perjuangan para pendekar dari bangsa Han dalam menghadapi bangsa Kim dan Mongol yang berusaha menguasai negeri Han. Selain berisi kisah pertarungan silat kelas tinggi, cerita ini juga mengisahkan jalinan kisah cinta yang berliku.

Menurut informasi dari sebuah  mailing list tjersil, buku ini ditulis oleh Liang Ie Shen pada tahun 1968- 1972. Judul Mandarinnya adalah Ming Di Feng Yun Lu. Pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Gan KL pada 1971 dengan judul Pendekar Sedjati sampai dengan jilid ke-46.



No comments: