Pages

Friday 25 January 2019

Misteri Soliter

Judul: Misteri Soliter
Judul Asli: The Solitaire Mistery
Penulis: Jostein Gaarder
Penerbit: Jalasutra
Tahun: 2002
Tebal: 443 halaman



Hans Thomas, seorang anak berusia 12 tahun, bersama ayahnya melakukan perjalanan menuju Yunani untuk mencari ibunya. Di sepanjang perjalanan sang ayah yang pemabuk memancing Hans Thomas berdiskusi dengan pertanyaan-pertanyaan filsafat dan berkisah tentang hal-hal aneh seperti tentang joker, Socrates, serta Oedipus yang mencoba menghindari takdir. 

Dalam perjalanan terjadi serangkaian peristiwa luar biasa: seorang lelaki cebol memberi Hans Thomas sebuah kaca pembesar dan seorang tukang roti tua memberinya kue berisi buku mungil yang berkisah tentang seorang pelaut yang terdampar di sebuah pulau. Di pulau tersebut, seperangkat kartu remi milik pelaut tiba-tiba bernyawa menjadi manusia cebol dan hidup dalam dunia mereka sendiri. 

Mereka terbagi menjadi 4 golongan dengan karakter yang berbeda: tipe sekop, wajik, hati, dan keriting yang masing-masing berjumlah 13 orang, dari As sampai Raja. Hanya Joker yang berbeda, dia tidak termasuk golongan manapun. Dia bukan Raja, Pangeran, As, juga bukan wajik, keriting, hati, maupun sekop. Tetapi Joker yang kesepian ini merupakan sosok cerdas yang tahu terlalu banyak. Dia sering menghasut dengan menanyai mereka pertanyaan-pertanyaan yang tak bisa mereka jawab, seperti siapa mereka dan darimana mereka berasal. 

Setiap empat tahun sekali diadakan Permainan Joker. Setiap makhluk cebol itu diajari satu kalimat yang akan diucapkan pada Permainan Joker. Dalam permainan itu Joker mengacak urutan kartu remi dan menempatkan mereka di tempat yang semestinya. Hingga saat seluruh kalimat dibacakan, kalimat tersebut menjadi berarti dan tiap kalimat adalah sepotong kecil dari dongeng yang besar.

Kisah dalam Permainan Joker tersebut menjadi semacam ramalan. Serangkaian peristiwa yang terjadi pada diri Hans Thomas, juga ayahnya, tukang roti, dan pelaut, ternyata sudah ditakdirkan melalui permainan itu. 

Novel Misteri Soliter merupakan salah satu karya Jostein Gaarder favorit saya, selain Putri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng.





No comments: