Pages

Thursday 31 January 2019

Troy

Judul: Troy
Penulis: Zhaenal Fanani
Penerbit: Laksana
Cetakan: Pertama, Mei 2010
Tebal: 437 halaman

Sinopsis:

Perang Troya adalah kisah legenda tentang salah satu perang besar dalam mitologi Yunani kuno. Perang ini juga diyakini sebagai peristiwa sejarah yang pernah terjadi pada ribuan tahun lalu. Kisah tentang Perang Troya berasal dari sastra Yunani Kuno. Kisah ini kemudian banyak dibicarakan selama ribuan tahun hingga sekarang. Zhaenal Fanani kembali menceritakan kisah ini melalui novelnya yang diberi judul Troy.

Kerajaan Troy, yang diyakini berada di wilayah Turki sekarang, memiliki benteng pertahanan yang sangat kuat yang belum pernah ditembus oleh musuh. Tetapi dengan lahirnya Paris, putra raja Troy, negeri Troy ditakdirkan akan mengalami kehancuran. Dan hanya satu orang yang diramalkan bisa menaklukkan kerajaan Troy, yaitu Achilles.

Perang Troy dipicu oleh Paris yang membawa lari ratu Sparta yang bernama Helen. Akibatnya Troy diserang oleh Menelaus, suami Helen yang dibantu oleh kakaknya Raja Agamemnon dan raja-raja Yunani lainnya termasuk Achilles.

Karena kuatnya pertahanan Troy, perang ini memakan waktu yang sangat lama. Selama bertahun-tahun pasukan penyerang tidak bisa menembus benteng Troy, bahkan hampir mengalami kekalahan. Hingga muncul ide untuk melakukan penyelundupan, dengan membuat kuda kayu raksasa yang didalamnya bersembunyi beberapa orang, termasuk Achilles.  

Pasukan Troy yang menganggap musuh sudah pergi kemudian membawa kuda tersebut kedalam kota. Malam harinya, pasukan keluar dari perut kuda kayu dan akhirnya berhasil merebut kota Troy. Meski demikian, Achilles sendiri terbunuh  dalam perang ini.

No comments: