Pages

Thursday 31 January 2019

Numbuk Di Sue

Judul: Numbuk Di Sue
Penulis:  Moh. Ambri
Bahasa: Sunda
Penerbit: Kiblat (Cetakan 4)
Tahun: Oktober 2012  
Tebal: 74 halaman



Novel anak-anak berbahasa Sunda yang berjudul Numbuk Di Sue ditulis oleh Moh. Ambri (1892-1936), pertama kali diterbitkan oleh Balai Pustaka. Moh. Ambri merupakan seorang sastrawan Sunda yang banyak menulis novel-novel berbahasa Sunda. Karya-karyanya yang lain diantara; Ngawadalkeun NyawaBurak Siluman, Lain EtaPusaka Ratu TeluhPependeman Nabi Sulaeman, dan Si Kabayan Jadi Dukun.

Numbuk Di Sue mengisahkan pengalaman tiga anak remaja yang mengisi liburan sekolah dengan melakukan perjalanan dari Bandung menuju pantai di Garut Selatan. Dalam perjalanan mereka sering mengalami  nasib sial, bahkan sejak dari Bandung. Meski demikian pengalaman yang mereka alami dalam perjalanan sangat mengasyikan untuk diceritakan. 

Membaca novel ini membawa kita ke suasana kehidupan dan keadaan alam di Garut pada zaman Hindia Belanda, saat novel ini ditulis. Saat kereta api masih berjalan sampai Kota Garut, dan masyarakat masih menggunakan kahar (delman) sebagai kendaraan. Juga saat badak masih banyak ditemui di hutan.  Fragmen moro badak (berburu badak) konon pernah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris (Stories from Asia, 1978) dan bahasa-bahasa Asia lainnya.

Novel ini juga diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Dasar Sial, yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada 1961. 

No comments: